Youth Center Berbasis Panti Asuhan–Monitoring Report

Panti Asuhan Kasih Karunia Sejati, Rawa Kalong Bekasi, 10 Februari 2011

Proyek Jaringan Panti Anak mewujudkan pusat komunitas anak/ remaja/ masyarakat berbasis panti asuhan mulai bertumbuh menemukan bentuknya. Dari tiga panti asuhan yang kami investasikan untuk melangkah lebih jauh dari sekedar panti asuhan tradisional, PA Kasih Karunia Sejati (Abadi) yang paling subur bertumbuh.

Diawal Februari 2011, sudah terlaksana kegiatan sebagai berikut

Perpustakaan

Dari 50 anggota yang sudah terdaftar, rata-rata tiap hari dikumjungi 15-20 orang. Perpustakaan dibuka Senin – Sabtu, Pkl 09.00 – 16.30 wib. Untuk merangsang minat awal belajar anak dari keluarga marjinal/tidak mampu disektiar panti asuhan, tiap anak yang beraktivitas diberikan 1 kupon per kegiatan per hari, kupon ini dikumpulkan untuk nantinya ditukarkan dengan buku, alat tulis, mainan atau tas sesuai jumlah kupon.

imageimage

SOS: bukunya masih sedikit sekali, lihatlah rak buku yang kosong

Kursus Komputer Gratis

Bermodalkan 4 unit PC telah terdaftar maksimal sesuai kapasitas jumlah komputer, senin sampai jumat, pagi sore, 32 anak. Setiap kelas terdiri 4 anak dengan jam latihan 75 menit

  • SD kls 1-3 (dua kelas) : 08.30–11.00 : Pengenalan Komputer
  • SD kls 4-6 (dua kelas) : 11.00 –13.30: MS Office
  • SMP (dua kelas) : 14.00-16.30: Grafis Photoshop

imageimage

Kursus Keterampilan

Saat ini terdaftar 40 anak yang mengikuti kursus keterampilan, senin sampai jumat, pukul 08.45-16.30 wib yang dibagi dalam tiga kelompok:

  • SD kls 1-3 (1 kelas) : 08.30-11.00: Membaca dan Mewarnai
  • SD kls 4-6 (1 kelas) : 11.00-13.30: Menggambar dan Melukis Indah
  • SMP: Kerajinan Kayu Scroll Saw

Jadwal kursus tiap kelompok adalah dua kali seminggu, 60 menit tiap kali latihan.

imageimage

imageimage

Rabu Ceria

Setiap minggu dihari Rabu, secara khusus diselenggarakan kegiatan bersama, bermain sambil belajar guna menanamkan nilai-nilai budi pekerti, kebersihan, kesehatan serta cinta tanah air. Saat ini sudah berlangsung 5 kali Rabu Ceria, yang diikuti rata-rata 120-150 anak.

Workshop Scrollsaw bagi Remaja

 

Workshop Lifeskill Kerajinan Kayu Scrollsaw diselenggarakan guna membentuk jiwa wirausaha/enterpreneurship para remaja, baik itu remaja panti maupun remaja sekitar panti. Pada tahapan yang masih awal sekali ini sudah terselenggara workshop bagi 10 remaja dengan pembagian tugas:

  • Untuk membuat pola dan motif 2 (dua) orang.
  • Untuk memotong pola dengan mesin 3 (tiga) orang.
  • Untuk pengamplasan dan pengecatan dasar 3 (tiga) orang.
  • Untuk pelukisan dan finishing 2 (dua) orang.

Workshop ini merupakan pembelajaran awal, yang nantinya dijadikan program keterampilan bagi remaja putus sekolah dan anak jalanan. Menurut pengalaman, anak jalanan yang ditampung di panti asuhan, mengalami kesulitan untuk kembali ke bangku sekolah. Bila mereka tidak mampu beradaptasi dengan mudah kembali kejalanan.Tapi dengan adanya program keterampilan seperti ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi masalah tersebut.

imageimage

imageimage

imageimage

Yang sedang saat ini digodok adalah membentuk unit atau workshop atau divisi yang akan menangani pemasaran. Saran dan Rekomendasi sangat dibutuhkan. Tahapan penjualan inilah  yang dirasa paling sulit dan menentukan keberlangsungan kegiatan pelatihan keterampilan. Workshop lifeskill yang tidak memastikan penjualan produk pada akhirnya akan ditinggalkan oleh peserta.

1 Comment

  1. Hasil karya binatangnya luar biasa ya. Bagaimana cara kami untuk membelinya.Untuk anak-anak sekolah minggu kami.Terima kasih untuk informasinya, Tuhan memberkati.
    Salam dan doa
    Esti.S

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s